Satu Lagi, Ada Kompetisi Startup Pariwisata Pertama di Dunia, Mau Ikut?

10

World Tourism Organization (UNWTO) bekerja sama dengan Globalia mengumumkan menggelar kompetisi usaha rintisan (startup) pariwisata untuk pertama kalinya di dunia. Kompetisi ini terbuka bagi usaha-usaha rintisan di sektor pariwisata di 164 negara. Pemenangnya akan berkesempatan menjadi bagian dari perusahaan-perusahaan terkemuka global di sektor pariwisata.

UNWTO dan Globalia mengumumkan the 1st UNWTO Tourism Startup Competition pada 26 Juni 2018 lalu. Ini merupakan inisiatif pelopor dalam mencari usaha-usaha rintisan di 164 negara yang akan mentransformasi pariwisata dunia.

Pendaftarannya sudah dibuka sejak 26 Juni 2018 dan ditutup pada 3 September 2018. Semua proyek yang masuk akan dinilai berdasarkan lima kriteria yakni keunikan dan solusi jangka panjang, dampak potensial, model bisnis, skalabilitas, dan profil tim.

Untuk dapat berpartisipasi dalam kompetisi ini, startup harus mempresentasikan model bisnisnya yang terkait dengan, paling tidak, salah satu dari empat area yaitu masa depan perjalanan (the future of travel), pengalaman pariwisata (the tourism experience), dampak lingkungan (environmental impact) dan pembangunan masyarakat (community development).

Startup yang bisa ikut berpartisipasi baik berbasis teknologi ataupun non-teknologi, berada pada tahap awal atau yang lebih matang, dan setiap startup dengan ide-ide inovatif yang mampu merevolusi cara kita melakukan perjalanan dan menikmati pariwisata.

(Sumber: unwto.org)

(Sumber: unwto.org)

Tujuan dari program ini adalah untuk memilih solusi-solusi terbaik dan proyek-proyek paling disruptive. Pencarian akan fokus menemukan proposal-proposal perintis untuk implementasi teknologi yang muncul dan disruptive, serta usaha-usaha rintisan berdasarkan model-model bisnis baru seperti lingkaran ekonomi (circular economy). Dalam hal ini, salah satu pilar dari kompetisi ini adalah memberikan visibilitas ke proyek-proyek yang berkomitmen meningkatkan keberlanjutan dalam pariwisata.

Satu panel juri akan mengevaluasi proposal-proposal yang didaftarkan. Lalu memilih proyek-proyek terbaik sebagai semifinalis dan akan diumumkan pada bulan September 2018 mendatang. Untuk itu, UNWTO dan Globalia menggandeng perusahaan konsultan inovasi Barrabés.biz. Guna memperluas cakupan kompetisi dan memfasilitasi pendaftaran startup yang tertarik, program ini akan dilaksanakan melalui platform digital YouNoodle.

Barrabés.biz adalah sebuah perusahaan konsultan inovasi publik dan telah berpengalaman selama lebih dari 20 tahun dalam kreasi, koneksi dan aktivasi wirausaha dan ekosistem inovasi. Sedangkan YouNoodle merupakan perusahaan terkemuka di ruang evaluasi startup di tingkat global yang berbasis di Silicon Valley.

Innovation and tourism investment are not ends in themselves; they are means to develop better tourism products, to improve the governance of tourism and to make the most of the proven sustainability of tourism, by creating jobs and generating opportunities,” begitu dikatakan oleh Sekretaris Jenderal UNWTO Zurab Pololikashvili di dalam siaran persnya.

Informasi lebih lanjut dan pengiriman aplikasi pendaftaran melalui situs resmi program di www.tourismstartups.org. Para pemenang kompetisi ini akan memiliki kesempatan untuk menjadi bagian dari perusahaan-perusahaan terkemuka global di sektor pariwisata.

Globalia adalah grup wisata nomor satu di Ibero-Amerika (Spanyol dan Amerika Latin), dengan omset lebih dari 3,57 miliar Euro pada tahun 2016. Dengan kehadirannya di lebih dari 20 negara dan 15.000 karyawan, Globalia Holding memberikan layanan ke semua sektor dunia pariwisata. Terdiri dari sejumlah perusahaan independen yang merupakan pemimpin di pasar mereka, termasuk Air Europa (maskapai penerbangan), Halcón Viajes (agen perjalanan), Travelplan (operator tur), Be Live (jaringan hotel) dan Groundforce (manajemen bandara).****

LEAVE A REPLY