Bali Sudah Top, dan Lombok, Masuk 20 Destinasi Terbaik Dunia dan Asia, yg Memilih, Konsumen

27

Bali sudah top banget deh. Yang memilih, konsumen internasional. Lombok tetangganya, mengikuti jejak. Tahun 2018, Bali menjadi yang terbaik ke-4 dalam daftar Destinasi Terbaik Dunia dan yang pertama di Asia menurut pilihan travellers dalam situs TripAdvisor. Satu destinasi lainnya, Lombok (Nusa Tenggara Barat), pun masuk dalam daftar 20 teratas Destinasi Terbaik di Asia.

TripAdvisor baru saja merilis pilihan travellers yang bergabung dalam komunitas traveling terbesar di dunia ini. Kategori terbaik yang dirilis dalam TripAdvisor 2018 Travellers’ Choice terdiri dari Destinasi Terbaik Dunia, Destinasi Terbaik menurut kawasan yakni Asia, Eropa, Amerika; Hotel, Penerbangan, Pantai, Destinasi yang Mulai Populer, Obyek Wisata, Tempat Terkenal, Museum, dan Restoran.

Komunitas travellers dunia memilih Bali sebagai Destinasi Terbaik Dunia setelah Paris (Perancis), London (Inggris) dan Roma (Italia) yang masing-masing berada di peringkat kesatu, dua dan tiga. Dan Kreta (Yunani) melengkapi daftar lima teratas Destinasi Terbaik Dunia 2018 pilihan travellers.

Sedangkan di kawasan Asia, travellers memilih Bali menjadi Destinasi Terbaik. Pulau Dewata mengungguli Phuket (Thailand), Hanoi (Vietnam), Siam Reap (Kamboja), dan Tokyo (Jepang) yang masing-masing berada di posisi kedua hingga kelima.

Bukit Pegasingan,Sembalun,Lombok,NTB.(Foto:CDC)

Bukit Pegasingan,Sembalun,Lombok,NTB.(Foto:CDC)

Di dalam daftar 20 besar Destinasi Terbaik Asia 2018, Lombok (Nusa Tenggara Barat) menempati urutan ke-14.

Sayangnya, dari garis pantai sepanjang 99.093 kilometer yang dimiliki Indonesia (menurut Badan Informasi Geospasial/BIG), lagi-lagi tidak ada satupun pantai di Indonesia yang terpilih dan masuk di dalam daftar pantai terbaik oleh travellers dunia. Dengan sebegitu besar potensi yang ada, mengapa tidak ada satupun dari pantai-pantai kita dinilai belum bisa menjadi yang terbaik oleh travellers dunia?*** (Yun Damayanti)

LEAVE A REPLY